Finansial

Lakukan Pengatur Keuangan Tanpa Menghitung Persentase Dengan Teknik Kakeibo

Teknik kakeibo adalah cara mengatur keuangan yang cocok bagi semua orang. Apalagi kalau perbaikan finansial masuk dalam resolusi tahun baru. Salah satu penyebabnya adalah kebiasaan membelanjakan uang begitu saja.

Namanya orang punya uang sih suka-suka dia mau diapakan. Selama nggak merugikan orang lain. Itu tadi adalah anggapan klise yang masih berlaku sampai sekarang.

Penting bagi Anda untuk tahu cara mengatur uang bulanan supaya nggak menguap. Caranya ada banyak namun teknik kakeibo terbilang praktis karena nggak pakai presentase angka.

Nah, kalau begitu kita bahas apa itu teknik kakaibo dan bagaimana cara menggunakannya.

Apa itu teknik kakeibo

teknik kakeibo untuk budgeting

Teknik kakeibo adalah metode untuk mengatur keuangan dengan cara menulis tangan. Cara melakukannya adalah dengan tulis tangan di kertas atau buku catatan.

Metode ini banyak digunakan oleh masyarakat Jepang sejak dahulu kala. Pertama kali dipopulerkan oleh Hani Motoko pada tahun 1904.

Hani Motoko membuat sistem perencanaan keuangan untuk pemula. Secara spesifik, ditujukan bagi ibu rumah tangga untuk memantau pengeluaran rumah tangga.

Sistem ini bertujuan agar pemilik uang punya kendali penuh atas uangnya sekaligus membangun kesadaran keuangan.

Prinsip teknik kakeibo

teknik kakeibo

Teknik kakeibo memiliki filosofi yang kalau diturunkan menjadi empat prinsip berikut ini.

Menghargai uang

Kakeibo mengajarkan pentingnya menghargai uang berapapun nilainya. Cara menghargai uang dengan mencatat setiap pengeluaran.

Semakin sadar ia melakukan pencatatan pengeluaran, makin ia menghargai uang.

Jangan dianggap menghargai uang adalah bentuk dari pelit. Menghargai uang memiliki arti tahu bagaimana cara mendapatkan uang dan menggunakannya dengan bijak.

Mengatur tujuan keuangan

Metode kakeibo mendorong untuk menentukan tujuan keuangan dengan jelas. Memiliki tujuan spesifik membuat orang termotivasi untuk menabung.

Tujuan keuangan bisa beragam mulai dari sekolah ke luar negeri hingga pensiun sebelum usia 40 tahun.

Hemat

Kakeibo mengenalkan prinsip pentingnya berhemat. Menghemat itu berbeda dengan pelit. Hemat artinya mengatur keuangan tanpa mengabaikan kebutuhan pokok.

Menghemat keuangan membantu Anda mencapai tujuan keuangan.

Menghindari hutang

Prinsip terakhir dari kakeibo ialah hidup tanpa hutang. Apalagi kalau hutang cicilan Iphone 14.

Ketika tidak memiliki hutang, Anda dapat menjalankan hidup dengan tenang. Walaupun ada teori yang memperbolehkan memiliki hutang maksimal 30% dari total pemasukan.

Cara mengatur uang dengan teknik kakeibo

Ada pertanyaan dasar yang harus Anda jawab sebelum memakai teknik kakeibo. Memang kesannya kaya survei market.

Jawaban pertanyaan ini akan membantu Anda cara mengatur uang. Sebab, setiap orang punya tujuan keuangan yang berbeda-beda.

Tuliskan tujuan keuanganmu

Bagian pertama dari teknik kakeibo adalah menuliskan tujuan keuangan. Tidak ada yang salah dengan menentukan tujuan keuangan. Kan itu uang Anda sendiri, beda ceritanya kalau pakai uang negara.

Semua tujuan keuangan itu sah di mata yang punya uang. Anda dapat menuliskan apapun mulai dari hal duniawi sampai akhirat.

Mulai dari memberi rumah elit sampai dengan saham BUMN.

Mulai dari membiayai sekeluarga berangkat haji sampai membiayai ani-ani berangkat ke eropa.

Mulai dari merencanakan biaya pensiun sampai biaya nyaleg.

Mulai dari menyiapkan uang sekolah anak sampai dengan uang sekolah kucing anggora.

Apapun rencana keuangan Anda, semuanya sah di mata Anda sendiri.

Tulis uang yang Anda terima saat ini

Setelah menentukan tujuan keuangan, catat berapa uang yang Anda punya saat ini. Hitung berapa pemasukan yang Anda terima setiap awal atau akhir bulan.

Catat dalam buku catatan, bukan lewat handphone. Dengan menggoreskan tinta di atas kertas membuat Anda meresapi semua hal yang dicatat.

Langsung sisihkan untuk menabung

Langsung sisihkan uang yang ada ke dalam tabungan terlebih dahulu. Tujuannya supaya Anda tidak lupa.

Seringkali menabung jadi pilihan terakhir setelah membelanjakan uang. Perlahan namun pasti, Anda tidak punya tabungan karena tidak menyusun rencana uang bulanan.

Catat semua pengeluaran bulanan

Inilah inti dari metode kakeibo yaitu mencatat semua pengeluaran bulanan. Untuk memudahkan,Anda dapat membaginya menjadi empat kategori, yaitu:

  • Survival = merupakan kebutuhan pokok seperti pangan, sandang, papan, dan tagihan.
  • Optional = merupakan kebutuhan sekunder seperti staycation, makan di luar, sampai entertain.
  • Culture = merupakan kebutuhan untuk menambah wawasan seperti buku, film, berlangganan layanan streaming, sampai online course.
  • Extra = merupakan aktivitas yang butuh pengeluaran besar tetapi jarang-jarang seperti biaya servis, renovasi rumah, sampai dengan bingkisan.

Membeli memakai uang tunai

Sulit rasanya harus membeli pakai uang tunai. Tidak seperti pembayaran digital yang praktis dan cepat. Walau begitu, disinilah mental Anda diuji.

Membeli barang pakai uang tunai memang ribet. Mula-mula, Anda harus pergi ke ATM untuk mengambil uang. Setelah itu, Anda harus menyimpan kembalian karena beli pakai uang tunai.

Kerumitan ini membantu Anda menyadari bagaimana Anda memperlakukan dan membelanjakan uang. Dengan sendirinya, Anda mulai mengurangi kebiasaan belanja berlebih.

Evaluasi

Terakhir adalah melakukan evaluasi pengeluaran. Setelah Anda mencatat semua pengeluaran, perhatikan berapa angka yang sudah keluar.

Berdasarkan rekap data pemasukan dan pengeluaran, tanyakan pertanyaan ini kepada diri Anda.

Demikianlah cara mengatur uang dengan teknik kakeibo. Metode ini ramah pemula dan mudah dilakukan. Serta Anda tidak perlu membuat persentase keuangan karena hanya mencatat saja di buku catatan.

Setelah kondisi keuangan Anda mulai membaik, lindungi keuangan Anda melalui bantu proteksi. Kunjungi laman Bantu Proteksi melalui tautan ini.


Allianz Indonesia. “Metode Kakeibo, Cara Nabung Khas Ala Orang Jepang.” Wwwallianzcoid, 6 Nov. 2023, www.allianz.co.id/explore/metode-kakeibo-cara-nabung-khas-ala-orang-jepang.html. Accessed 4 Jan. 2024.

DeMarco, Jacqueline. “What Is the Kakeibo Budgeting Method?” SoFi, 15 Sept. 2022, www.sofi.com/learn/content/kakeibo-budgeting-method/.

Perdana, Arkan. “Kakeibo: Pengertian, Pertanyaan Dasar, Tahapan, Dan Tipsnya.” Glints Blog, 2 Nov. 2020, glints.com/id/lowongan/kakeibo-adalah/. Accessed 4 Jan. 2024.

Savitri, Devita. “Kakeibo: Tips Menabung Ala Orang Jepang, Untuk Olah Uang THR.” Detikedu, 26 Apr. 2023, www.detik.com/edu/edutainment/d-6690787/kakeibo-tips-menabung-ala-orang-jepang-untuk-olah-uang-thr. Accessed 4 Jan. 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *