Blog

Ragam Layanan Ekspedisi Dalam Satu Aplikasi Bersama KiriminAja

Layanan ekspedisi perlu menjawab tantangan kondisi geografis Indonesia. Perubahan model bisnis secara online pada akhirnya mengubah tatanan alur bisnis.

Mulanya, pola pikir bisnis masih terpusat di wilayah tertentu saja. Kalau sekarang sudah menjangkau seluruh Indonesia. Salah satunya berkat jasa UMKM.

UMKM memberikan kontribusi lebih dari 60% PDB negara. Jadi, sebanyak 65,4 juta UMKM berpotensi mempengaruhi kondisi hidup mati ekonomi Indonesia.

KiriminAja merupakan platform yang memudahkan pengiriman paket dan menemukan ekspedisi sesuai kebutuhan masyarakat dengan metode COD dan Non-COD. Layanan ini cocok untuk UMKM yang ingin melakukan pengiriman paket.

Memperjuangkan Indonesia melalui UMKM

bisnis

Setelah pandemi Covid-19 berlalu, nyaris semua tatanan bisnis berubah ke arah digital. Habisnya enak sih, mau belanja tinggal bayar lewat aplikasi terus tunggu kiriman paket.

Sepintas kelihatannya enak, tapi namanya tantangan tetap aja kaya ketombe. Berdasarkan MSME Empowerment Report, sebanyak 1500 pelaku UMKM memiliki keresahan sebagai berikut.

  • 70,2% bermasalah dengan pemasaran produk
  • 51,2% bermasalah dengan permodalan
  • 46,3% bermasalah dengan persediaan dan pemenuhan bahan baku
  • 30,9% bermasalah dengan adopsi digital
  • 24,3% bermasalah dengan manajemen cash flow
  • 1,7% bermasalah dengan hal lainnya

Berdasarkan data tersebut, UMKM punya masalah terhadap pemasaran, permodalan, dan persediaan bahan baku. Bukan artinya yang lain gak penting, hanya saja UMKM masih struggle cara memasarkan produk kepada konsumen.

Memasarkan produk UMKM bersama KiriminAja

Pemasaran menjadi elemen penting dalam kemajuan UMKM. Apapun produk dan jasa yang ditawarkan pastinya harus diketahui orang lain agar terjadi proses funnelling.

Proses funneling sesederhana membawa orang dari ‘nggak tahu’ menjadi ‘mau’. Sampai situ aja ya, kalau diterusin nanti keterusan, malah gak selesai-selesai.

Balik ke masalah pemasaran produk, kalau cuma ngomong harus pakai ini-itu, mungkin udah bosen ya. Mulai dari mempromosikan lewat sosial media, membuat konten viral, hingga live streaming sudah dilakukan.

Kalau mau ditelusuri, semua masalah itu hanya berkutat di ranah digital. Bagaikan orang yang hidup di menara gading, masih ada aspek lain yang tanpa ini, UMKM cuma diam ditempat.

Distribusi adalah kunci

layanan ekspedisi

Mau produk fisik sampai digital, semuanya terjadi karena ada proses distribusi. Ada tahapan perpindahan dari satu tempat ke tempat lainnya.

Produk online dapat terdistribusi karena ada data yang terkirim kepada konsumen. Yang namanya data dapat berpindah tempat dari satu alamat ke alamat lain.

Sebelum dikirim, produk online harus dikonversi dalam bentuk data biner melalui encoder. Kemudian encoder mengirim sinyal kepada decoder. Setelah sampai ke decoder, data biner diubah lagi menjadi produk online.

Distribusi produk UMKM

Untuk memudahkan pemahaman, anggaplah 90% produk UMKM adalah barang fisik. Apapun yang dapat disentuh, dirasakan, sampai diraba masuk kategori ini.

Pemesanan produk bisa lewat e-commerce, tinggal checkout, bayar, dan selesai. Itu baru proses pembayaran, selanjutnya adalah pengiriman atau distribusi.

Barang yang kamu pesan akan dikirim menggunakan layanan ekspedisi. Salah satunya adalah KiriminAja.

Aplikasi KiriminAja

Tampilan aplikasi KiriminAja

KiriminAja merupakan jasa layanan ekspedisi mencakup tiga kategori yaitu pengguna aplikasi, online seller, sampai dengan UMKM.

KiriminAja udah hadir dalam bentuk aplikasi digital. Kamu dapat mengunduhnya melalui Google PlayStore dan Apps Store.

Mungkin kamu berpikir, ngapain saya harus download aplikasi KiriminAja? Jawaban pendeknya untuk mengirim paket. Gimana dengan jawaban panjang.

Bayangkan, kamu adalah seorang distributor resmi sebuah produk. Selain menampung barang, kamu perlu memantau proses pengiriman barang lewat nomor resi.

Kalau cuma ngirim satu paket lewat ekspedisi sih gak masalah. Namun, gimana kalau kamu memantau berbagai pengiriman barang sekaligus. Mumet kan kalau harus cek resi satu-satu.

Solusinya adalah mengecek pengiriman barang lewat satu aplikasi. Semua data terkait barang sampai pengiriman dapat dipantau sekaligus.

Informasi diberikan secara real time untuk menjamin proses ekspedisi barang dari hulu sampai hilir. Apabila ada kendala, bisa langsung diselesaikan.

Layanan ekspedisi KiriminAja

Berdasarkan situs kiriminaja.com, KiriminAja memiliki dua layanan yaitu manajemen order dan Integrasi API. Layanan ini diharapkan mampu menjawab kebutuhan kamu dalam melayani pelanggan.

Managemen order

Manajemen order bicara soal pengaturan aktivitas yang terintegrasi kepada admin, gudang, dan customer service. Gampangnya, pihak-pihak tadi mendapatkan update informasi secara realtime.

Adanya sistem aggregator membuat kamu tenang. Gak pusing mikirin cara integrasi ke berbagai ekspedisi. Karena KiriminAja punya pintu kemana saja kayak Doraemon.

Efek samping dari memakai sistem ini adalah kamu dapat memantau kondisi keuangan agar tetap sehat. Kalau mau tambah gacor pakai aja KiriminAja Plus.

Namun, semua proses penjualan dan pembelian terjadi kalau terhubung dengan pelanggan. Berikan tawaran menarik demi menjaga hubungan baik.

Integrasi API

API adalah kepanjangan dari Application Programming Interface yang merujuk pada software dengan fungsi berbeda. Semenatra, integrasi API merupakan komponen software yang memperbaharui data antara klien dan server secara otomatis.

Pembaharuan data sangat diminati oleh pelaku usaha karena memudahkan proses dokumentasi. Terhubung dengan 21 layanan ekspedisi dengan ribuan pelaku usaha dari berbagai sektor.

Dari sini, kamu dapat memperoleh jumlah barang masuk langsung nambah setelah diterima. Jumlah barang keluar langsung bertambah setelah dikirimkan.

Keuntungan tambahan

Sebagai pelaku usaha akan dihadapkan dengan berbagai masalah. Salah satunya adalah bingung berapa biaya ongkos kirim.

Perlu diketahui, ongkos kirim baru ketahuan setelah datang ke layanan ekspedisi. Sebab biaya ongkos kirim gak tertera di rak barang kaya belanja di Indomaret.

KiriminAja punya layanan untuk cek ongkos kirim sesuai dengan domisili, lokasi tujuan, berat, dan dimensi barang. Lewat fitur ini, kamu dapat mengestimasi biaya produksi dan menentukan harga jual.

Terakhir, barang yang dikirimkan lewat layanan KiriminAja dapat dipantau melalui nomor resi. Kamu hanya perlu memasukan nomornya untuk tahu update terbaru pengiriman paket.

Langsung unggah aplikasi KiriminAja lewat Google PlayStore dan AppsStore.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *