Teknik/Engineering

Bukan Sekedar Otomotif, Berikut Pengertian Teknik Mesin

Kalau ada yang bertanya apa itu teknik mesin, gimana sih jawabnya

Mayoritas orang menjawab teknik mesin berurusan dengan otomotif. Padahalkan teknik mesin tidak secetek itu. Disiplin ilmunya sudah ada sejak dahulu kala.

Tentu tidak salah orang mengkaitkan teknik mesin dengan otomotif. Alasannya karena itu yang terlihat di masyarakat.

Keresahan ini pun serupa dengan digital marketer yang dapat argumen digital marketing dikaitkan dengan media sosial. Kenapa bisa begitu, karena media sosial yang paling sering dibahas.

Supaya mengurangi persepsi teknik mesin berurusan dengan otomotif, ketahui dahulu pengertian apa itu teknik mesin.

Apa itu Teknik Mesin

apa itu teknik mesin

Teknik mesin merupakan ilmu tentang pengaplikasian prinsip fisika untuk analisis, perancangan, dan manufaktur dalam sistem mekanik. Ilmu ini meliputi pendalaman konsep mekanika, kinematika, material, termodinamika, dan penggunaan energi.

Teknik mesin menjadi pembeda karena memusatkan pada teknologi yang dibutuhkan manusia. Hampir semua produk dan layanan teknologi memakai pendekatan teknik mesin.

Permasalahan transportasi, enegi, kesehatan, eksplorasi luar angkasa, sampai cuaca tetap membutuhkan orang teknik mesin. Walaupun pas bikin Tesla, media lebih menyorot orang IoT.

Sejarah teknik mesin

apa-itu-teknik-mesin

Teknik mesin sudah diterapkan sejak zaman Mesopotamia 3000 SM. Hal ini dibuktikan dari temuan kerek untuk mengangkat air.

Kerek air mulai dikembangkan dengan penggerak roda di Kerajaan Persia. Berkembang sampai ke zaman Archimedes, Romawi, hingga China.

Peradaban Islam pada abad ke- 7 sampai ke-15, melahirkan tekniogi mekanik pertama dari Al-Jazari Temuan tersebut terangkum dalam Book of Knowledge of Ingenious Mechanical Devices pada tahun 1206.

Pada abad ke-17, pondasi teknik mesin terbentuk di Inggris ketika ditemukan jam pendulum pada tahun 1657 oleh Christian Huygens.

Isaac Newton membuat persamaan Hukum Newton dan dikembangkan menjadi kalkulus.

Teknik mesin modern mulai berdiri ketika masuk revolusi industri 1.0. Bentuknya adalah dengan lahirnya mesin uap oleh James Watt. Dari sinilah, James Watt mendapat sebutan sebagai bapak teknik mesin.

Pasca Revolusi Industri 1.0, teknik mesin barulah berkembang secara industri. Melihat kebutuhan industri barulah mulai berdiri institusi pendidikan dan organisasi teknik mesin untuk mengisi sumber daya manusia.

Bidang Ilmu Teknik Mesin

apa itu teknik mesin

Keilmuan teknik mesin memiliki jangkauan yang luas. Namun, pada pada perkuliahan teknik mesin akan dikerucutkan dalam konsentrasi bidang tertentu.

Salah satu penyebabnya karena pelaku teknik mesin banyak mengarah pada spesialis. Oleh karena itu, peminatan mulai diberlakukan ketika menyusun tugas akhir.

Berikut ini merupakan disiplin ilmu teknik mesin

  • Akustik
  • Dirgantara
  • Otomasi
  • Otomotif
  • Sistem otomasi
  • Bioteknologi
  • Komposit
  • Computer Aided Design (CAD)
  • Sistem kendali
  • Cyber security
  • Desain
  • Energi terbarukan
  • Konstruksi ergonomik
  • Kesehatan
  • Manufaktur dan manufaktur aditif
  • Mekanik
  • Nano teknologi
  • Proses produksi
  • Robotika
  • Struktur analisis

Baca juga : Mungkinkah Belajar Autocad Tanpa Laptop?

Perkembangan teknologi teknik mesin

Ilmu teknik mesin berbanding lurus dengan kemajuan teknologi. Dalam beberapa tahun terakhir muncul term Computer Aided Engineering (CAE) untuk pekerjaan gambar teknik.

Penerapan CAE terlihat pada Finite Element Analysis (FEA) dan Computational Fluid Dynamics (CFD). Pemahaman ini menambah dokumentasi teknik mesin.

Prospek kerja teknik mesin

Lapangan kerja teknik mesin menyesuaikan bidang yang diambil setelah lulus kuliah.

Bidang penelitian berfokus pada transmisi daya ke seluruh struktur sistem. Ketika sistem bergerak, kinematika berguna untuk mengamati perilaku mekanisme melalui rentang geraknya.

Ilmu material memakai pengaplikasiannya menguji kekuatan material untuk kebutuhan industri. Sementara, perndekatan termodinamika mengubah cara energi menjadi daya.

Energi panas diminati karena banyak diterapkan di berbagai industri. Oleh sebab itu, penerapan energi panas butuh pengaturan distribusi suhu.

Fluida memiliki penerapan yang beragam karena memiliki sifat penurunan tekanan dari aliran dan gaya aerodinamis.

Industri manufaktur membutuhkan lulusan teknik mesin untuk menemukan efisiensi cara produksi. Tenaga analis berfokus cara mengukur produk dan proses termal dan mesin.

Pembuatan desain mesin mengembangkan produk mekanikal. Sehingga dapat menghasilkan produk yang mampu mengendalikan getaran.

Baca juga : Cara Menentukan Ukuran Ban Mobil Sesuai Standar Industri

Dalam bidang ekonomi, orang teknik mesin dihadapkan dengan desain yang sesuai kebutuhan pasar namun biayanya terjangkau. Gampangnya, membuat produk bagus dengan biaya produksi rendah.

Kesimpulan apa itu teknik mesin

Kesimpulannya, untuk menjawab pertanyaan apa itu teknik mesin dapat melihat dari faktor definisi. Teknik mesin mengaplikasikan fisika untuk menghasilkan sistem gerak secara statis maupun dinamis. Penerapannya sendiri sangat luas mula dari bidang transportasi sampai dengan medis.

Bidang ilmunya sangat luas namun pada akhirnya akan mengkerucut ke ranah tertentu. Pengklasifikasian akan dilakukan ketika sudah masuk ke industri.


Ingin menghubungkan Audiens dengan produk Anda? Content writing salah satu cara untuk menemukan audiens di era digital. Kunjungi solos.work/@ishsagita agar saya siapkan penghubung antara produk dengan audiens Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *