Pentingnya Menguasai Bahasa Inggris Bagi Engineer Sejak Usia Anak

belajar bahasa inggris

Bahasa inggris merupakan bahasa internasional yang diresmikan pada abad ke-18. Mulanya dari kejayaan kerajaan Inggris yang memiliki banyak koloni di seluruh penjuru dunia. 

Wilayah jajahan yang luas membuat kerajaan Inggris memiliki pengaruh besar dalam politik. Salah satunya adalah pemakaian bahasa.

Bahasa inggris ada dalam penyebaran agama, pedagangan, buku, konten, maupun penyebaran informasi ketika zaman kolonialisme. Perdagangan dan Gerakan Anti Perbudakan Internasional mendorong penyebaran di seluruh kawasan Afrika Barat. 

Bahasa Inggris mengalami perkembangan ketika menjalin kerja sama internasional yang melahirkan Persatuan Bangsa-Bangsa. Dalam organisasi internasional ini memakai Bahasa Inggris sebagai bahasa utama.

Pada tahun 1914, perkembangan ekonomi dan industri di Inggris dan Amerika Serikat memakai bahasa inggris untuk membangun kerja sama. Hal ini menjadikan Inggris dan Amerika Serikat menjadi kiblat perekonomian dan bisnis dunia. 

Dalam ranah ilmu pengetahuan, banyak ilmu teknik modern lahir dari Amerika Serikat. Perkembangan teknologi digital, sistem PLC, sampai dengan mesin bubut lahir dari perusahaan manufaktur dari negara tersebut.

Mengapa bahasa inggris penting untuk engineer

kursus bahasa inggris untuk anak

Bahasa inggris dalam dunia engineer sangat krusial untuk pekerjaan. Hanya saja, pembelajaran bahasa inggris menjadi anak tiri di fakultas teknik. 

Mata kuliah bahasa inggris di fakultas teknik hanya diberikan satu kali dengan beban 2 SKS. Itupun ditaruh di semester akhir menjelang skripsi. Walau tak bisa disalahkan 100% tetapi ini juga memberi dampak kepada kemampuan bahasa inggris bagi engineer.

Nyatanya, bahasa inggris memiliki serangkaian manfaat bagai engineer untuk perkembangan karier dan sosialnya. Berikut ini adalah manfaat belajar bahasa inggris bagi engineer

Bahasa inggris sebagai alat komunikasi

Bahasa inggris merupakan bahasa untuk berkomunikasi secara sistematis. Sebagai dialek, bahasa inggris mudah dipelajari. Orang dengan berbagai profesi dapat menangkap komunikasi bahasa inggris walau hanya sedikit. 

Ada anggapan bahwa orang dapat menguasai bahasa inggris hanya dengan 500 kosakata saja. Jika dia punya, maka ia sudah bisa melakukan komunikasi efektif di tempat kerja. 

Kemampuan ini membantu insinyur mengalihkan jargon teknis menjadi bahasa yang efisien selama jam kerja. Terutama bagi Anda yang harus bekerja dengan orang non teknik.

Mampu menjelaskan grafik dan diagram

Engineer tidak bisa lepas dari diagram dan diagram dalam pekerjaan. Karena ada istilah bahwa gambar adalah bahasa teknik. Alat untuk menyampaikan gagasan kepada klien.

Walau ada gambar, bukan artinya semua orang dapat membaca gambar tersebut. Apalagi jika ada simbol-simbol gambar teknik yang asing bagi orang marketing. 

Bahasa inggris menjadi penyederhanaan gambar teknik agar dapat disampaikan dengan semua pihak dengan efektif. Sebab, jargon teknik cuma dipahami sama orang teknik.

Jangan sampai Anda dianggap tidak bisa diajak berkomunikasi hanya karena terlalu memakai istilah teknis.

Bahasa inggris memiliki kosakata beragam di segala tingkatan

Engineer perlu menyampaikan gagasan dengan berkomunikasi. Untuk menciptakan komunikasi yang kuat, bahasa inggris adalah jawabannya.

Bahasa inggris memiliki kelebihan dengan kotasata beragam. Bagaimana tidak wong Bahasa Inggris sudah ada sejak abad ke 5 dan ke 6. Beda jauh dengan Bahasa Indonesia yang baru dipakai sejak tahun 1928. 

Kekayaan kosakata bahasa inggris membuat insinyur mampu membangun komunikasi dengan rendah hati, mampu mengolah kata-kata dengan tepat sehingga informasi yang disampaikan tepat sasaran. 

Mengekspresikan bahasa tubuh yang positif

Sebagai sebuah bahasa, bahasa Inggris sangat melengkapi dengan bahasa tubuh yang positif. Artikulasi, ekspresi, isyarat dan gerak tubuh pada saat berpidato sungguh mujarab bila dipadukan dengan bahasa Inggris.

Para insinyur telah merasakan manfaat besar selama presentasi karena semua ekspresi positif melalui bahasa tubuh memberikan kekuatan besar untuk membuat setiap bagian presentasi dan membuatnya sukses.

Ini hanyalah bahasa yang digunakan di seluruh dunia untuk membantu para insinyur dalam pertumbuhan industri dan efisiensi tenaga kerja.

Beberapa kata dalam bahasa Inggris dapat membentuk jargon yang efektif untuk komunikasi yang sukses, yang mana bahasa lain hanya dapat menyampaikannya melalui kosa kata yang panjang dan upaya komunikasi yang maksimal.

Bahasa inggris merupakan bahasa yang dinamis

Teknologi informasi membuat kemajuan dan mengubah tatanan industri dunia sejak kehadiran internet. Hal ini menciptakan revolusi untuk menciptakan lapangan kerja di seluruh dunia. 

Bahasa pemrograman sampai dengan bahasa CNC ditulis menggunakan Bahasa Inggris. Semua informasi itu tersebar di internet sehingga seluruh dunia dapat menikmati konten engineering berbahasa inggris. 

Dalam hal ini, bahasa menjadi alat pemersatu yang dinamis. Tidak hanya membantu membangun pemahaman masyarakat, namun menjadi jembatan untuk saling berkomunikasi. Maka tak heran jika ada syarat administrasi TOEFL maupun IELTS untuk mendaftar pekerjaan. 

Penyebab engineer di Indonesia kurang fasih berbahasa inggris

belajar bahasa inggris anak

Netizen punya bercandaan bahwa orang indonesia udah belajar bahasa inggris dari SD sampai kuliah namun hasilnya zonk. Bercandaan ini ternyata masih terbawa sampai sekarang. 

Apakah ini semua salah rata-rata IQ orang Indonesia hanya 78? Apakah ini semua salah sistem pendidikan? Apakah ini semua salah pemerintah? Apakah ini karena faktor privilege?

Penelitian dari Universitas Bina Nusantara Indonesia mengemukakan ada empat kendala pembelajaran bahasa inggris yaitu

  • Kurangnya tenaga didik bahasa inggris
  • Kurangnya motivasi belajar karena tidak dapat menyambungkan dengan program studi
  • Kurangnya infrastruktur
  • Merasa bahwa belajar bahasa inggris cuma buang-buang waktu

Kurangnya tenaga didik

Masyarakat Indonesia dapat belajar bahasa inggris ketika tenaga didiknya mencukupi. Dalam konteks akademik, hal ini mencakup lulusan bahasa inggris yang punya kompetensi keilmuan serta cara mengajar. 

Masalah kekurangan tenaga didik menyebabkan kurangnya pemeratan. Alhasil, orang yang mampu bahasa inggris jumlahnya lebih sedikit. 

Kurangnya motivasi belajar

Indonesia memakai Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional. Kebijakan ini membuat semua kegiatan komunikasi memakai bahasa Indonesia. Sepintas seperti nggak ada masalah tetapi berdampak dengan ketika berurusan dengan bahasa Inggris.

Fenomena ini berbeda dengan India yang memakai Bahasa Hindi dan Inggris sebagai bahasa resmi. Karena punya dua bahasa, warga India sudah terlatih berbahasa inggris sejak dini. Dampak dari pendidikan adalah mereka mampu menyerap ilmu pengetahuan berbahasa Inggris. 

Orang India dapat menjelaskan bagaimana cara kerja Hukum Termodinamika II dengan memakai Bahasa Inggris. Sedangkan orang Indonesia masih saja kesulitan walaupun lulus dengan IPK Cumlaude. 

Hal ini karena lulusan teknik di Indonesia tidak menemukan tempat belajar bahasa inggris yang membahas soal keteknikan. Karena nggak nemu kecocokan, orang menjadi skeptis seperti cewek yang menganggap “semua cowok sama aja”.

Bagaimana cara menguasai bahasa Inggris untuk anak

Mengajarkan bahasa inggris jauh lebih baik apabila dilakukan sejak dini. Ajarkan tanpa perlu memperhatikan pemakaian gramatikal. Berbeda ceritanya ketika mengajarkan bahasa inggris ketika kuliah teknik.

Oleh karena itu, solusi untuk mengajarkan anak-anak belajar bahasa inggris. Berikut ini adalah cara menguasai bahasa inggris.

Gunakan dalam percakapan sehari-hari

Cara termudah mengajarkan anak bahasa inggris yaitu menggunakan dalam percakapan sehari-hari. Melalui aktivitas ini, anak-anak akan terbiasa memakai bahasa inggris sebagai media komunikasi. 

Menyampaikan secara jelas

Sebagai orang tua, Anda perlu mencontohkan cara menyebutkan sebuah kata dalam bahasa inggris. Jelaskan secara perlahan agar anak-anak mudah memahaminya. 

Walaupun masih caur soal membaca dan menulis, cara ini dinilai lebih mudah untuk memahaminya. 

Membacakan cerita

Cara lain paling gampang mengajarkan bahasa inggris adalah lewat cerita. Kegiatan membacakan cerita sebelum tidur dapat membangun ikatan batin orang tua dan anak sebagai langkah parenting modern

Kegiatan dongeng sebelum tidur membantu anak menyerap informasi serta menambahkan perbendaharaan kata si kecil. 

Bermain dengan flash card

Flash card membantu anak belajar bahasa inggris karena memiliki tampilan visual ciamik. Cocok untuk anak Anda yang memiliki kesulitan dalam membaca. 

Belajar dengan media online

Luangkan waktu bagi anak untuk belajar bahasa inggris secara online. Anda dapat menggunakan video Coco Melon maupun permainan yang mengharuskan anak memakai bahasa inggris.

Apabila memungkinkan, Anda bisa juga mendaftarkan Kursus Bahasa Inggris Anak Online usia dini. Salah satunya adalah melalui Cakap.

Cakap Kids Academy menyediakan aplikasi kursus bahasa asing anak. Kegiatan belajar secara online sehingga menghemat waktu Anda. Dengan begitu, kebersamaan orang tua dan anak akan semakin kuat. 

Dapatkan pembelajaran bahasa asing dari pengajar berkualitas. Khusus bagi Anda yang hendak belajar secara private, saya menyediakan diskon 15% untuk pengguna baru dengan kode ini ISHCKPSUIUXSG.

Daftarkan anak Anda dengan klik link ini: https://go.cakap.com/referral/SyWsWkpfXy1j1Au48

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *