Teknik/Engineering

Prinsip Kerja Radar Pesawat – Cuma Modal Dua Teknik Ini

Radar pesawat digunakan untuk mengetahui jalur yang dilalui pesawat. Melalui radar, pilot bisa ngobrol sama petugas bandara dari udara. Supaya nggak ada pesawat tabrakan di awan.

Radar adalah singkatan dari Radio Detection And Ranging. Teknologi ini berangkat dari teori elektromagnetik dari James Clerk Maxwell. Kemudian dikembangkan lagi oleh Heinrich Rudolf Hertz.

Christian Hulsmeyer menggunakan gelombang elektromagnetik pada benda mati di tahun 1904. Albert Wallace Hull membuat transmitter untuk menangkap dan memantulkan sinyal di tahun 1921.

Robert Watson-Watt membuat desain radar pertama pada tahun 1935. Kala itu, masalahnya adalah pilot pesawat kesulitan menghindari petir. Cepatnya petir menyambar, membuat Robert Watson-Watt mencari melalui gelombang yang dipantulkan.

Nah, bagaimana prinsip kerja radar pesawat? Bagaimana alat elektronik ini membantu pilot mengudara tanpa lihat petunjuk jalan.

Prinsip kerja radar pesawat

radar pesawat

Radar pesawat bekerja dalam dua fase yaitu memakai gema dan efek doppler. Fenomena ini dimanfaatkan untuk membuat gelombang elektromagnetik.

Radar mengirimkan gelombang pulsa dalam jangka waktu singkat sekitar satu mikrodetik. Setelah itu, kemudian menjadi sunyi dan terdengar dalam jangka waktu satu milidetik.

Gema

Gema adalah bunyi pantul yang terdengar setelah bunyi asli. Bunyi gema akan terdengar jelas di tempat yang luas.

Contohnya ketika berteriak ke arah sumur, pantulan suara atau gema akan terdengar setelah kita berteriak. Gema terjadi karena suara memantul di air maupun dinding sumur.

Efek doppler

Efek doppler adalah perubahan frekuensi atau panjang geombang pada penerima yang sedang bergerak terhadap sumber gelombang. Gejala ini terjadi ketika suara terpantul pada objek yang bergerak.

Contohnya adalah suara sirine yang makin keras ketika suara tersebut mendekat. Sebaliknya, sirine menjauh maka suara sirine makin mengecil. Fenomena ini karena perbedaan jarak antara sumber suara dan pendengar.

Prinsip kerja radar

Penjelasan tentang radar dapat kamu simak melalui gambar berikut ini. Terlihat pulsa pertama yang mana radar menjadi sunyi, dan kemudian mengirim pulsa kedua.

Pulsa dikirim satu arah. Jika gelombang radio mengenai suatu objek pesawat maka gelombang akan memantul ke objek tersebut dan balik ke arahnya.

Ketika diam, radar mendengarkan gema, objek ini akan terlihat. Makin besar objeknya maka gelombang yang digaungkan akan semakin besar. Alhasil spot pada layar akan terlihat lebih besar.

Fungsi radar pesawat

Radar pesawat berfungsi membantu pilot navigasi pesawat sesuai dengan rute. Pasalnya, pesawat hanya dapat terbang apabila sudah ada rute penerbangan.

Saat pesawat terbang, operator pesawat dapat mendeteksi serta membedakan jenis pesawat secara jarak jauh. Jauh lebih baik dibandingkan radar darat.

Kehadiran radar dapat membantu mempercepat respons untuk mengambil keputusan yang tepat dan efektif. Dalam kondisi peperangan dapat dipakai untuk mendeteksi musuh.

Hanya saja, radar sangat rentan terhadap gangguan cuaca. Kondisi cuaca yang tidak bersahabat dapat merusak elombang sinyal. Bentuknya dapat berupa radiasi akibat bom, pepohonan, dan bahan kimia keras lainnya.

Demikianlah prinsip kerja radar pesawat yang memanfaatkan efek doppler dan gema. Pantulan gelombang dipakai untuk ngasih informasi kepada pilot untuk mengambil keputusan.


Havkar. “HavKar : How Does Aircraft Radar Work?” HavKar, havkar.com/en/blog/view/how-does-aircraft-radar-work/79.

pusti-kosmos. “Pentingnya Teknologi Radar Yang Harus Kamu Tahu.” Universitas Telkom Surabaya, 8 May 2023, surabaya.telkomuniversity.ac.id/pentingnya-teknologi-radar-yang-harus-kamu-tahu/#:~:text=Radar%20dapat%20membantu%20menentukan%20jenis. Accessed 29 Feb. 2024.

PUTRA, BUDIMAN. “Bagaimana Cara Kerja Radar – SainsHack.” Https://Www.sainshack.com/, 25 Oct. 2014, www.sainshack.com/2014/10/25/how-radar-works/.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *