Gaming

8 Aplikasi PS2 Emulator Untuk PC, Langsung Download!

Aplikasi PS2 Emulator digunakan jika ingin main game PS2 tanpa konsol. Keterbatasan akses setelah Sony menutup produksi konsol PS2 membuat emulator menjadi pilihan.

Pengertian emulator adalah cara untuk memasukan teknologi lama agar dapat kompatibel dengan software terkini. Langkah awalnya dengan menggabungkan perangkat lunak dengan perangkat keras.

Mengapa main game PS2 lewat emulator

Penyebab emulator PS2 diminati gamer lawas karena kemudahan dan kepraktisan dalam bermain. Kamu cuma butuh laptop maupun ponsel android dan mengunggah aplikasinya.

Bukan cuma itu, pakai laptop harga 5 jutaan saja sudah bisa main game ps2 lewat emulator.

Aplikasi PS2 Emulator

Sudah banyak macam aplikasi emulator PS2 yang ada di pasaran. PCSX2 adalah salah satu aplikasi yang banyak diminati. Apakah hanya itu saja? Tentu tidak, masih banyak emulator ps2 yang bisa kamu pakai.

Berikut adalah daftar emulator ps2 terbaik untuk pc

1. PCSX2

PCSX2 adalah emulator PS2 untuk PC dengan kompatibilitas game mencapai 100 persen. Emulator ini dapat running di Windows dan Linux, dan sesudah menambahkan rendering Vulkan akhir-akhir ini.

Agar dapat menjalankan emulator ini harus memiliki salian BIOS yang asli. Preload disk yang jalan pada tap pelincuran dapat memilih ROM setiap saat.

Game PS2 yang dimainkan dengan resolusi khusus mencapai 4096 x 4096 piksels yang sudah dilengkapi sinkronisasi vertikal anti-aliasing, dan pemfilter tekstur.

Sebagai content creator gaming, kamu dapat membuat highlight dengan menangkap gameplay dengan fitur hotkey F12. Informasi lengkap soal system requirements PCSX2 dapat klik tautan ini.

Download file PCSX2 di sini.

2. PPSSPP

Emulator PS2 untuk PC yang populer lainnya adalah PPSSPP. Aplikasi ini banyak dimain karena ringan sehingga banyak diminati gamer di Indonesia maupun dunia.

Aplikasi ini memiliki interface sederhana sehingga pengguna langsung mudah memahami. Maka dari itu, pengalaman pengguna makin meningkat.

PPSSPP tidak hanya hadir untuk PC namun juga ada versi smartphone. Jadi, kamu bisa main game PS2 lewat HP Android.

Temukan informasi system requirement maupun file download lewat tautan ppsspp.org.

3. RetroArch

RetroArch menjadi emulator yang berhasil merampingkan pengalaman bermain game. Hal tersebut karena RetroArch mengandalkan core untuk mengemulasi game PS2.

Berdasarkan plugin yang berjalan sebagai program modular memungkinkan RetroArch meniru interface dari konsol berbeda .

Aplikasi ini terdapat menu dekstop yang memiliki semua opsi yang dibutuhkan. Mulai dari pemuatan inti, import game, sampai dashboard screenshot.

Proses import game dilakukan secara maupun menambahkan direktori untuk pemindaian otomatis.

Jika kamu content creator yang doyan streaming, RetroArch punya kelebihan arena dapat merekam permainan kamu secara langsung di Twitch, Youtube, maupun Facebook gaming dengan interface bawaan.

Kunjungi RetroArch untuk mendownload file master emulator PS2 berikut ini.

4. NeutrinoSX2

Apabila dibandingkan dengan emulator lainnya, NeutrinoSX2 masih kalah populer. Walau begitu bukan berarti kamu mengabaikan emulator sau ini.

NeutrinoSX2 membutuhkan GTX runtimes agar dapat berjalan dengan maksimal. Kamu akan mendapatkan suara yang berkualitas tinggi dengan dukungan cheat.

Hanya saja, emulator ini masih dalam tahap pengembangan sehingga masih ada keterbatasan penggunaan. Download emulator melalui tautan ini.

5. Play!

Emulator Play! cocok untuk komputer yang ingin segala sesuatunya tetap jelas tanpa embel-embel tersembunyi. Kamu dapat memainkan melalui Windows, Linux, dan Android.

Lebih dari 1500 game telah kompatibel sejak emulator ini rilis, dan masih banyak lagi upaya pengembangan karena sifatnya open source.

Setelah main, kamu masih bisa mencari game yang baru saja dimainkan. Sebagai informasi, setiap ROM memiliki 10 status penyimpanan yang mana dapat memuat langsung dari menu virtual machine.

Emulator ini memakai kontrol utama saat tombol keyboard tersambung. Ini membuatnya dapat dimainkan tanpa gamepad.

Klik emutopia.com untuk mendapatkan emulator Play

6. hpsx64

Emulator hpsx64 terbilang baru dan telah dalam pengembangan sejak tahun 2018. Kamu dapat memainkan game multiplayer dengan baik di sini.

Fitur yang tersedia adalah sinkronisasi vertikal, penyangga video, shader dan lain sebagainya. Mengingat masih dalam pengembagan maka belum terlihat kompatibilitas game

7. nSX2

nSX2 merupakan salah satu emulator PS2 tertua karena sudah ada sejak dua dekade. Emulator ini memiliki sinkronisasi vertikal dengan tujuh bahasa pada interface.

8. PS2emu

PS2emu adalah emulator PS2 eksperimental yang memiliki audio, grafik, dan kontrol yang membutuhkan plugin untuk dipindahkan secara manual ke folder plugin.

Selama pemakaian emulator ini, tersedia mode layar penuh dengan user interface yang tidak ramah pengguna. Gak cocok bagi pemula.

Demikian delapan emulator PS2 untuk PC yang dapat kamu download untuk mengenang game masa lalu. Manakah emulator yang sering kamu pakai?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *