Finansial

Pengertian Financial Engineering : Tugas, Tipe, Definisi

Financial engineering bertugas membuat produk keuangan yang sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini. Covid-19 telah memaksa penggunaan uang ke ranah digital.

Dalam hal ini, sosok dibalik perkembangan keuangan adalah financial engineer. Ia adalah orang yang membuat dan membangun produk keuangan dengan kalkulasi matang.

Lalu, apa itu financial engineering? Apakah ini salah satu jurusan baru dari fakultas teknik.

Apa itu Financial Engineering

Pengertian Financial Engineering

Mengutip dari Investopedia, financial engineering adalah penggunaan metode teknik matematika untuk menyelesaikan masalah keuangan. Sosok financial engineer membutuhkan pengetahuan terkait statistika, komputer, ekonomi, sampai dengan matematika terapan.

Semua potongan ilmu tersebut digunakan agar mampu menyelesaikan masalah keuangan. Diharapkan pada akhirnya menghasilkan produk keuangan baru.

Penggunaan Financial Engineering

Penggunaan Financial Engineering

Semakin cepat perubahan zaman, makin cepat produk keuangan baru bermunculan. Sampai-sampai berdampak dalam mengubah kebiasaan masyarakat.

Hal paling gampang adalah ketika membayar nasi padang menggunakan QRIS. Apakah hanya sebatas mengubah cara pembayaran. Tentu tidak.

Secara bisnis, investor harus membatasi risiko pada berbagai produk keuangan. Perusahaan harus mencari konsumen baru untuk menawarkan produk keuangannya.

Sebagian besar produk keuangan baru berasal dari financial engineering. Nantinya akan ditemukan model investasi baru, metodologi dalam menganalisis investasi, model penawaran kredit, sampai bentuk keuangan bagi masyarakat.

Sebelum memasarkan produk keuangan, harus dilakukan uji coba model risiko kuantitatif untuk memprediksi produk yang berjalan. Hasil yang dicari adakah apakah produk keuangan itu menghasilkan untung dalam jangka panjang?

Tipe Financial Engineering

Secara umum, financial engineering terbagi dalam dua tipe yaitu derivative trading dan speculation. Berikut adalah tipe financial engineering berdasarkan laman investopedia.

Derivative trading

Financial engineering memanfaatkan analisis peluang perhitungan yang matang. Dengan demikian, bisa mendapatkan strategi dan solusi untuk menyelesaikan masalah keuangan. Dampaknya adalah mampu menghasilkan keuntungan besar.

Proses ini disebut sebagai derivative trading atau trading turunan. Mengapa demikian karena memakai pola lama untuk menghasilkan produk baru yang menguntungkan.

Bahasa gampangnya sih membuat produk baru dengan memakai pola yang sudah terbentuk. Daripada bikin konsep baru lagi, pasti mumet.

Speculation

Selain memakai pola lama, spekulasi pun digunakan untuk merekayasa finansial. Contohnya adalah proses pertukaran mata uang. Caranya dengan melakukan spekulasi nilai mata uang tersebut dengan mata uang yang ditukar.

Sekarang sudah banyak produk keuangan yang berdasarkan spekulatif. Salah satunya adalah Credit Default Swap atau CDS di Amerika Serikat. Kalau di Indonesia ada produk sejenis gak ya?

Tugas Financial Engineering

Seorang financial engineer memiliki tugas dan tanggung jawab sebagai berikut :

  • Memberikan saran terkait ekonomi pasar saat ini kepada pelaku bisnis, komisaris, atau pemerintah
  • Menawarkan solusi masalah keuangan dengan pendekatan matematika dan teoritis
  • Mengembangkan model simulasi menggunakan data keuangan masa lalu dan sekarang ini untuk memprediksi perilaku pasar di masa depan
  • Menguji strategi analisis baru dan alat investasi melalui simulasi pasar
  • Mengembangkan strategi analisis baru dengan software pemrograman
  • Mempresentasikan dan mengolah portofolio investasi atas nama perusahaan maupun klien
  • Meneliti dan identifikasi tren bisnis dan ekonomi menggunakan data keuangan
  • Membuat dan memperbaharui laporan keuangan perusahaan atau organisasi
  • Menghadiri pertemuan dengan kementerian keuangan untuk membahas dan mengevaluasi strategi
  • Melakukan pertemuan dengan petinggi perusahaan untuk membahas capital gain, kondisi keuangan, dan prospek keuangan di masa depan

Apakah Financial Engineering diisi orang teknik

Jawabannya pendeknya adalah tidak. Financial engineer tidak diisi oleh orang bergelar S.T. di belakang namanya.

Melansir dari Indeed, financial engineer bukan dari lululsan teknik. Kebanyakan berasal dari Justru lulusan akuntansi, ekonomi, ilmu komputer, sampai dengan statistika

Hanya karena ada nama engineering bukan berarti selalu memiliki gelar Sarjana Teknik.

Produk Financial Engineering

Perusahaan jasa keuangan membutuhkan inovasi agar produknya relevan dengan perilaku konsumen. Melakukan rekayasa produk keuangan menjadi sebuah aplikasi agar mudah diakses siapapun.

Instrumen Derivatif di pasar modal maupun pasar komoditas adalah contoh dari produk keuangan saat ini. Nilai instrumen investasi bergantung pada nilai saham, obligasi, emas, perak, dan sejenisnya.

Ketika membeli instrumen investasi tersebut, yang kamu beli adalah kontrak perdagangan aset-aset tersebut. Kontrak ini diterbitkan oleh perusahaan broker, hedge fund dan lain sebagainya untuk mitigasi risiko.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *