Teknik/Engineering

8 Akun Youtube Untuk Belajar Kalkulus Gratis

Kamu sedang mencari akun youtube untuk belajar kalkulus? Kalau iya, kamu ada di tempat yang tepat.

Serupa dengan narasi content creator, Youtube adalah tempat untuk belajar apapun. Tak terkecuali belajar kalkulus.

Belajar kalkulus memang bisa dari berbagai sumber. Kamu dapat memilih buku, blog, sampai dengan video Youtube untuk mencari referensi.

Video Youtube masih jadi pilihan karena mudah dipahami. Bahasanya sederhana walaupun ada aksen Hindi dari orang India. Gak ada tuh keluhan pusing kalkulus kalau belajar lewat Youtuber India.

Akun Youtube untuk belajar kalkulus

akun youtube untuk belajar kalkulus

Jika kamu adalah orang visual, manfaatkan kanal-kanal ini untuk belajar kalkulus. Berikut ulasannya!

1. Khan Academy

Khan Academy adalah kanal Youtube edukasi mahasiswa. Lewat kanal ini kamu akan menemukan pembahasan kalkulus.

Secara konten, isinya khusus untuk membantu mahasiswa memahami konsep kalkulus. Dikemas seperti series sehingga mudah diikuti secara sistematis.

Kamu pun mendapatkan pemahaman tentang teori limit, epsilon-delta limt sampai cara mengaplikasikan kalkulus dalam berbagai kasus. Dengan demikian, sangat sesuai untuk kamu yang masih skeptis dengan kalkulus.

2. Dr. Gajendra Purohit

Dr. Gajendra Purohit adalah seorang akademisi asal India yang merupakan founder dari MathsCare, aplikasi untuk belajar matematika. Melalui kanan youtube pribadinya, ia mengajarkan semua persoalan tentang matematika untuk ukuran mahasiswa.

Materi kuliah seperti Fourier, Laplace, aljabar linear, sampai dengan kalkulus semua tersedia untukmu. Kamu dapat mengakses nya langsung lewat kanal Youtube.

Walau menggunakan bahasa Hindi, terdapat teks bahasa Inggris sehingga bisa diikuti.

3. MIT OpenCourseWare

MIT OpenCourseWare memiliki playlist berjudul MIT 18.01 Single Variable Calculus, Fall 2006 di kanal Youtube. Akun ini adalah rangkuman materi kalkulus untuk mahasiswa baru (semester satu sampai tiga).

Materi video ini didesain bagi mahasiswa untuk memperdalam konsep kalkulus. Serupa dengan kanal dari Khan Academy.

Topik yang dibahas antara lain dasar fungsi integral dan differensial dan pengaplikasinnya dalam keseharian.

4. Alex Maths Engineering

Akun Alex Maths Engineering memiliki playlist tentang kalkulus mulai dari differensial sampai dengan integral. Dalam video tersebut, kamu bisa menemukan konten kalkulus mulai dari konsep dasar sampai penerapannya.

5. MathTheBeautiful

Darimana mungkin mengundang ketersinggungan, namun secara konten kamu mendapatkan pembahasan aljabar yang aplikatif. MathTheBeautiful adalah akun Youtube memakai pendekatan visual kreatif namun aplikatif.

6. Study with Student

Akun ini menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar. Sosok dibalik akun ini adakah Yunus Febriansyah dan M. Rizki Fadillah.

Lewat akun ini, kamu mendapatkan pembelajaran kalkulus dasar seperti logika informasi, aljabar geometri, matematika diskrit, dan statistik. Kehebatan lainnya adalah kamu bisa belajar algoritma serta bahasa pemrogramanan seperti Phyton sampai C++.

7. Dita Pramesti

Dita Pramesti merupakan pengajar matematika di Telkom University. Ia membuat akun Youtube untuk membantu mahasiswa untuk belajar matematika seperti aljabar, statistika, probabilitas, hingga kalkulus.

Titik berat dari materi kalkulus ini sifatnya dasar-dasar matematika. Belum dibuatkan penerapan kalkulus berdasarkan kasus di industri.

Konten yang akan dibahas meliputi kalkulus dasar, integral, differensial, matriks. Probabilitas, dan vektor.

8. Don’t Memorise

Akun terakhir ini sangat cocok bagi kamu yang nggak suka teori doang. Kamu dapat belajar kalkulus secara praktis namun filosofis.

Kamu pun akan terpapar cahaya terang bagaimana memakai kalkulus dalam sehari-hari. Dengan itu, kuliah kalkulus 2 SKS mu tidak akan sia-sia.

Belajar Kalkulus secara otodidak

Belajar dari 2 SKS saja tidaklah cukup. Kamu masih perlu menambah 2 jam untuk belajar sendiri. Cara ini dilakukan apabila kamu masih belum paham tentang kalkulus.

Belajar secara otodidak dengan memakai media lain untuk penunjang seperti buku kalkulus maupun Youtube.

Berikut ini merupakan fasilitas lain untuk belajar kalkulus secara mandiri

  • Youtube
  • Buku
  • Aplikasi matematika
  • Aplikasi belajar online
  • Seminar online tentang matematika

Itulah akun youtube untuk belajar kalkulus yang bisa kamu pakai untuk belajar. Apabila dirasa kurang, jangan ragu untuk alokasikan uangmu ke buku kalkulus Purcell.

Sumber

  • Cudy. “Tips Jitu Cara Belajar Matematika Secara Otodidak.” Cudy, 20 Apr. 2023, blog.cudy.co/tips-jitu-cara-belajar-matematika-secara-otodidak/.
  • Muhammad, Gangsar Fadhil. “5 Channel Youtube Ini Bisa Membantu Kamu Memahami Kalkulus.” Anakteknik.co.id, 22 Jan. 2022, www.anakteknik.co.id/gangsarfadhilm/articles/5-channel-youtube-ini-bisa-membantu-kamu-memahami-kalkulus. Accessed 17 May 2024.
  • placementpreparation.io. “10 Best YouTube Channels to Learn Engineering Mathematics.” Https://Www.placementpreparation.io, 30 Jan. 2024, www.placementpreparation.io/blog/best-youtube-channels-to-learn-engineering-mathematics/. Accessed 17 May 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *