5 Cara Untuk Memudahkanmu Belajar Kalkulus

cara mudah belajar kalkulus

Belajar kalkulus terbilang sudah bagi banyak orang. Kalkulus mulanya adalah mata kuliah, namun dari SMA sudah ada integral dan differensial.

Sampai ketika masuk ke perguruan tinggi, mulailah menggunakan kata ‘kalkulus’. Dalam bahasa latin, kalkulus memiliki arti batu kecil untuk menghitung.

Kalkulus merupakan cabang ilmu matematika yang belajar tentang limit, differensial (turunan), integral, dan deret tak terhingga. Integral dan diferensial adalah dasar ilmu kalkulus.

Simulasi aliran fluida sampai desain aerodinamis pada mobil adalah contoh penerapan kalkulus. Algoritma prediktif program komputer memakai data untuk menjalankan persamaan coding.

Cara mudah belajar kalkulus

belajar kalkulus
news.fiu.edu

Kurangnya pemahaman menjadi masalah utama sulitnya belajar kalkulus. Masalah ini dapat selesai dengan memahami cara belajar kalkulus yang benar.

Membuat catatan ketika belajar

Perkuliahan kalkulus membutuhkanmu untuk sedia membuat catatan. Lebih baik kalau menuliskan dalam buku daripada foto gambar saja.

Menulis tangan membantu merangsang otak untuk menerima informasi. Koordinasi tangan saat menggores tinta memberi isyarat kepada otak.

Manfaat lainnya adalah kamu seperti punya otak kedua. Kehadiran otak kedua berfungsi sebagai penyimpan informasi lewat handphone atau buku.

Buat catatan sederhana dengan gambar

Catatan visual nggak identik untuk hal-hal kreatif. Kamu bisa menerapkannya untuk membuat catatan kalkulus.

Kalkulus adalah konsep abstrak karena hasil adalah persamaan. Namun kamu masih dapat mengemas dalam bentuk visual.

Salah satu contohnya adalah visual penjumlahan Riemann untuk materi integral. Nggak perlu visual yang rapi dan estetik, yang penting dapat terbaca sejelas mungkin.

Pelajari istilah dan notasi kalkulus

Kalkulus jadi menakutan karena kurang pemahaman. Hanya membaca persamaan saja itu nggak cukup.

Kamu perlu memahami istilah pada kalkulus seperti pemakaian simbol dan notasi. Memahami simbol memudahkanmu memahami dan komunikasi. Hal ini karena simbol kalkulus selalu sama.

Kamu mau tanya sama orang lulusan ITS sama lulusan ITB, notasi kalkulus tetap sama.

Kamu mau tanya sama lulusan Singapura sama lulusan Rusia, notasi kalkulus tetap sama.

Kamu mau tanya sama orang Cawang sampai orang Tokyo, notasi kalkulus tetap sama.

Cara terbaik untuk mempelajari notasi kalkulus adalah sering-sering mencatat. Dengan mencatat, kamu punya memori seperti apa simbolnya dan cara menulisnya.

Terapkan dalam dunia nyata

Belajar kalkulus terasa sia-sia karena kamu belum tahu pengaplikasian kalkulus. Sayangnya nggak banyak influencer membahas soal ini, kecuali Jerome Polim.

Perlu kamu ketahui bahwa kalkulus adalah mata kuliah yang aplikatif. Penerapannya banyak kamu temukan di ranah teknik, ekonomi, informatika, sampai dengan farmasi.

Contoh paling gampang sederhana adalah membuat ramuan zat penenang untuk gajah. Dalam proses pembuatannya melibatkan berbagai bahan kimia untuk dicampurkan. Proses pencampuran ini memakai persamaan kalkulus.

Perbanyak latihan soal

Kalkulus adalah mata kuliah yang membutuhkan latihan soal sebanyak mungkin. Ini adalah cara terbaik untuk menguasai pemahaman integral sampai diferensial.

Kumpulan soal-soal kalkulus dapat kamu akses secara gratis melalui internet sampai video Youtube. Kalau butuh pemahaman lebih dalam, belajarlah melalui buku kalkulus.

Latihan soal bukan cuma tau gimana caranya menyelesaikan soal dalam waktu cepat. Lebih dari itu, kamu dapat belajar tentang menyelesaikan masalah secara runtut dan sistematis.

Tidak ada cara murah untuk melatih kemampuan berpikir runtut selain matematika.

Kesimpulan

Cara mudah belajar kalkulus adalah sebagai berikut

  • Membuat catatan ketika belajar
  • Buat catatan sederhana dengan gambar
  • Pelajari istilah dan notasi kalkulus
  • Terapkan dalam dunia nyata
  • Perbanyak latihan soal

Dari semua itu, hal paling krusial adalah terus berlatih soal-soal kalkulus. Kamu cuma butuh 30-60 menit setiap hari melalui buku catatan A5 180 Lembar. Walau nggak ngejar slot SIMAK UI, ilmu kalkulus terus nempel sampai kapanpun.

Sumber

  • Intern, Dicoding. “Apa Itu Kalkulus Dasar? Simak Pengertian Dan Rumus-Rumusnya! -.” Dicoding Blog, 14 July 2023, www.dicoding.com/blog/apa-itu-kalkulus-dasar-simak-pengertian-dan-rumus-rumusnya/.
  • James, Oscar. “5 Tips to Learning Calculus.” Https://Thetutor.me, Oct. 2022, thetutor.me/blog-detail/6/5-tips-to-learning-calculus. Accessed 1 May 2024.
  • Naveira, Alberto. “8 Tips on How to Study for Calculus – Signet Education.” Https://Signeteducation.com/, 2 Nov. 2022, signeteducation.com/resources/8-study-tips-for-calculus/.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *