Gaming

4 Dampak Bahaya Bermain Game Online Yang Melanda Gamer

Dampak bahaya bermain game online tidak hanya menganggu produktivitas. Ada temuan yang menyatakan dampak buruk bagi kesehatan.

Apakah ini artinya game online berbahaya? Tentu tidak, karena masih ada temuan manfaat game online yang bisa dirasakan.

Bermain game memberikan hiburan dikala suntuk dengan pekerjaan. Selain itu, kalangan introvert memanfaatkan video game untuk berinteraksi secara virtual.

Cara ini menjadi medium berkomunikasi bagi anak berkebutuhan khusus. Sementara remaja penderita ADHD membantu kemampuan keterampilan berpikir.

Baca juga : 9 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Gamer Lahir dan Batin

Bahaya bermain game online

bahaya bermain game online

Secara kesehatan, bermain game berbahaya karena berisiko cedera akibat aktivitas karena penggunaan otot secara berulang. Rasa sakit dan peradangan makin terasa ketika kambuh.

Apabila dibiarkan mengakibatkan cedera permanen pada pergelangan tangan dan lengan. Berikut ulasan dari www.health.harvard.edu.

1. Carpal tunnel syndrome

Carpal tunnel syndrome
sindrom lorong karpal (Carpal tunnel syndrome)

Salah satu jenis cedera yang umum dialami adalah sindrom lorong karpal (Carpal tunnel syndrome). Gejala ini melibatkan peradangan saraf di pergelangan tangan.

Seseorang yang punya penyakit memunculkan rasa nyeri, mati rasa, dan tenaga lemah di pergelangan tangan.

Gejala ini terjadi karena lorong karpal menyempit akibat jaringan yang membengkak dan menekan saraf median. Secara umum penyakit ini terjadi pada perempuan.

2. Nintendinitis

gejala gamer thumbs
Nintendinitis

Gejala ini seringkali disebut dengan istilah jempol gamer atau jempol PlayStation. Kondisi dimana terjadi peradangan pada tendon jadi.

Dalam istilah medis, disebut sebagai tenosinovitis de Quervain, menyebabkan pembengkakan dan keterbatasan gerakan. Kondisi ini pun dapat dialami gamer.

3. Obesitas

gejala obesitas
Obesitas

Gamer rawan kena obeaitas karena sedikit sekali melakukan kegiatan fisik. Fenomena ini terjadi ketika kamu bermain game berjam-jam, tanpa olahraga.

Selama bermain game, kamu akan mwrasa lapar. Bukannya mencari makanan sehat malah justru memilih makanan cepat saji.

Berdasarkan penelitian dari Journal of Clinical Nutrition, remaja yang bermain video game sangat dikaitkan dengan peningkatan asupan makanan.

Terjadi gangguan sinyal mekaniame yang menunjukan rasa kenyang, atau tekanan mental karena nafsu makan bertambah.

4. Kardiovaskular

Kardiovaskular

Sebuat studi menunjukan ada kenaikan tekanan darah dan detak jantung pada saat berman game Mortal Kombat daripada bermain dengan game minim kompetitif seperti tetris. Penelitian ini dimuat dalam Frontiers in Psychology pada tahun 2019.

Dalam penelitian lainnya, ditemukan jika bermain Mario Kart memiliki kenaikan rata-rata detak jantung tertinggi dalam waktu 30 menit.

Sementara, Dark Souls III memiliki rata-rata detak jantung selama 127 detak per menit selama 30 menit. Rata-rata detak jantung manusia pada kondisi normal sebesar 60 sampai 100 detak per menit.

David Winchester, dokter jantung dari Fakultas Kedokteran Universitas Florida mengatakan butuh peneluauran lanjut mengenai dampak kesehatan jantung terhadap video game.

Terdapat catatan yang mengatakan peningkatan tekanan darah secara kronis dalam waktu lama memiliki risiko penyakit jantung, stroke, ginjal, dan lain sebagainya.

Mengantisipasi bahaya bermain game online

Moderasi merupakan pencegahan yang dapat dilakukan. Hal ini meliputi pembatasan jam menatap layar monitor, dan mengimbangin dengan melakukan gaya hidup sehat. Sembari menjalin interaksi sosial di dunia nyata.

Edukasi menjadi pilar kedua dalam mengurangi bahaya bermain video game. Gamer perlu tahu cara meminimalisir risiko dampak gangguan kesehatan yang muncul.

Gamer dapat membangun kebiasaan peregangan, makan makanan sehat, kompres pergelangan tangan ketika mulai nyeri.

Lakukan aturan 20:20:20 dengan melihat benda dari jarak 20 kaki selama 20 detik tiap 20 menit.

Kenali resikonya agar terhindar dari dampak bahaya bermain game online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *