5 Penyebab Mengapa Turnamen Mobile Legends Ramai Penonton

gambaran turnamen mobile legends

Turnamen mobile legends banyak diselenggarakan oleh berbagai pihak. Munculnya turnamen amatir sampai profesional gak bisa lepas dari popularitas yang sudah terbentuk.

Sebagai informasi, Mobile Legends Bang Bang (MLBB) pertama kali rilis ke pasaran pada tanggal 14 Juli 2016. Tahun 2020, game ini mencapai 1 miliar unggahan, dengan basis pemain aktif mencapai 78 juta akun.

Banyaknya pengguna di seluruh dunia, tak heran kalau turnamen mobile legends selalu ramai. Tak terkecuali di Indonesia.

Tahukan jika timnas Mobile Legend Bang Bang Indonesia berhasil menjadi juara esport esport dunia IESF Bali 14th World Esports Championship 2022 setelah mengalahkan Filipina.

Popularitas Mobile Legend Bang Bang

Jusin yang CEO Moonton, pendiri Mobile Legends Bang Bang

Justin Yang, Founder Moonton mengaku mengembangkan game MOBA seperti Mobile Legend sangat menantang. Sebab hanya sedikit game developer yang berhasil membuat game MOBA di PC.

Walau bukan hal mudah, namun pada akhirnya game ini berhasil mencuri perhatian gamer. Mendapatkan basis pemain loyal, tampilan UI/UX friendly, dan mampu dimonetisasi dengan baik.

Dari sini, tentunya popularitas Mobile Legend Bang Bang mulai meroket.

Mengapa orang mengikuti turnamen Mobile Legends Bang Bang

turnamen mobile legends

Keberhasilan Moonton dalam membangun basis pemain melahirkan berbagai peluang ekonomi lainnya. Kamu bisa menemukan mulai dari cosplay hero, joki hero, manager tim professional, sampai penyelenggaraan turnamen.

Turnamen Mobile Legends dapat kamu temukan dalam lingkup tongkrongan sampai dengan tingkat internasional. Mulai dari anak sekolah sampai degan pro player dapat ikut berpartisipasi.

Apa sih yang membuat game ini sangat populer untuk menghasilkan banyak turnamen.

1. Gameplay sangat user friendly

MLBB memiliki gameplay yang ramah pemula. Cocok dimainkan oleh gamer amatir sampai profesional. Jadi, jangan heran kalau pemainnya sangat banyak di seluruh dunia.

Interface yang intuitif memungkinkan pemain baru lebih cepat nyetel dengan mekanisme game. Tersedia pula tutorial dasar untuk mengenali mekanisme permainan.

Kemudahan permainan ini tentu terus diperbaharui untuk meningkatkan user experience para pemain.

Jika kamu adalah penyuka tantangan, tersedia sistem matchmaking untuk mempertemukanmu dengan player sepadan. Dengan sistem rank membuat game ini semakin kompetitif.

Kelebihan dari sistem rank adalah dapat memisahkan antara pemain berpengalaman dengan pemain baru. Apabila tidak dipisahkan akan menyebabkan kesenjangan yang tidak sehat bagi komunitas.

2. Aksesibilitas

Kemudahan aksesibilitas menjadi salah satu penyebab MLBB banyak digemari. Tidak butuh banyak spesifiaksi mewah, dengan smartphone saja sudah bisa main MLBB.

Kenikmatan duniawi ini membuat penggunaan mobile gaming meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Untuk main MLBB, kamu masih bisa memakai smartphone mid-range.

Walaupun alangkah baiknya kalau memakai smartphone gaming akan jauh lebih oke. Salah satunya adalah Asus ROG Phone 7.

Selain bicara akses, game inipun gratis sehingga bisa dimainkan siapa saja selama tersambung internet. Transaksi mikro game pun tersedia untuk mengubah tampilan skin game.

3. Fast paced

Biasanya main satu match MOBA memakan waktu 30-60 menit, kadang lebih kalau sedang seru-sarunya. Waktu tersebut terbilang lama karena sangat melelahkan dan menguras tenaga.

Baca juga

Rata-rata, pemain amatir saja hanya kuat main 3-4 match per hari. Lebih dari itu akan mengalami kelelahan.

Bagaimana dengan MLBB? Sekali main saja kamu hanya menghabiskan waktu 10-15 menit. Mengapa bisa begitu.

Jawabannya karena arena pertarungan terbilang kecil dan padat, sehingga membuat permainan menjadi cepat. Game ini cocok untuk dimainkan di sela-sela jam makan siang sampai menunggu klien.

4. Kompetitif

Gameplay yang sederhana namun sangat kompetitif untuk dimainkan. Hal ini tak lepas dari peran sistem rank, dimana makin tinggi tingkatan, makin sengit persaingan yang terjadi.

Kesamaan level membuat lever persaingan makin tinggi. Rasa ingin mencapai level tertinggi pun semakin menjadi-jadi, setidaknya kepada teman sendiri.

Melihat dari kebiasaan itu, MLBB membuat turnamen secara reguler agar para pemain dapat unjuk kebolehan. Dengan demikian, semua pemain ingin berpartisipasi dalam turnamen yang diselenggarakan.

5. Update secara berkala

Mobile Legend Bang Bang melakukan update patch secara berkala. Update berkala memberikan fitur baru mulai dari skin hero, map, sampai hero baru.

Pembaruan berkala membuat pemain tidak bosan dan selalu ingin main kembali. Apalagi kalau setiap pergantian season, posisi rank terakhir akan diturunkan satu tingkat.

Penambahan hero dan item baru melahirkan inovasi taktik dan strategi baru untuk dipelajari. Dari sini, dapat melahirkan tren meta terbaru yang makin menambah pengalaman permainan.

Pembaruan secara berkala membantu mengatasi masalah keseimbangan dalam permainan. Demi menjaga tensi kompetitif, keseimbangan dijaga untuk menghasilkan permainan yang adil.

Penyebab turnamen mobile legends bang bang banyak diminati

Bisa dibilang ramainya perhelatan turnamen MLBB karena sistem permainannya sangat sederhana. Sekali tanding, hanya memakan waktu 10-15 menit sehingga turnamen bisa cepat selesai.

Device yang digunakan hanyalah smartphone mid range saja, tidak harus memakai PC. Persaingan kompetitif dari sesama komunitas membuat daya tarik MLBB menjadi daya tarik tersendiri,.

Update patch secara berkala melahirkan meta baru untuk meningkatkan keseruan kompetisi. pada akhirnya, memberi efek kejutan bagi kamu si pemain.

Jadi, apakah kamu berminat ikut turnamen mobile legends?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *