Teknik/Engineering

Bagaimana Cara Mengetahui Ketahanan Karat pada Genteng Baja Ringan

Genteng baja ringan merupakan salah satu jenis atap yang populer di Indonesia. Material ini bobotnya ringan namun kokoh, sehingga cocok untuk berbagai jenis bangunan karena tampilannya modern nan elegan.

Namun, baja ringan juga rentan berkarat jika tidak dirawat dengan baik. Karat dapat menyebabkan kerusakan dan menurunkan estetika bangunan.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mengetahui ketahanan karat pada baja ringan.

Penyebab Karat pada Baja Ringan

Genteng Baja Ringan

Baja ringan terbuat dari campuran besi dan aluminium. Besi merupakan logam yang mudah berkarat, sedangkan aluminium memiliki ketahanan terhadap karat.

Namun, jika lapisan pelindung aluminium pada baja ringan terkelupas, maka besi akan terpapar udara dan air, sehingga menghasilkan karat.

Karat pada baja adalah hasil reaksi kimia antara baja dengan udara, maupun goresan pada lapisan pelindung karat.

Apabila terkena goresan, maka kawat akan cepat menyebar ke seluruh permukaan baja ringan yang lama-kelamaan menyebabkan baja ringan terkorosi.

Cara mengetahui karat pada baja ringan

Setelah mengetahui penyebab karat pada baja ringan, selanjutnya adalah cara mengetahui tanda-tanda berkarat. Cara tersebut antara lain:

Pemeriksaan visual

Pemeriksaan visual merupakan cara yang paling sederhana untuk mengetahui karat pada genteng baja ringan.

Cek permukaan genteng apakah ada bintik-bintik warna merah atau coklat. Jika kamu menemukannya, maka itu tanda baja ringan berkarat.

Pemeriksaan dengan magnet

Pemeriksaan dengan magnet dapat digunakan untuk mendeteksi karat. Jika besi pada baja ringan berkarat, maka akan menghasilkan medan magnet.

Cara memeriksanya dengan meletakkan magnet pada permukaan genteng baja ringan. Jika magnet menempel, besar kemungkinan genteng tersebut berkarat.

Pemeriksaan dengan uji usap

Pemeriksaan dengan uji usap bertujuan mengetahui tingkat keparahan karat pada genteng baja ringan.

Caranya adalah dengan mengoleskan kain atau kertas pada permukaan genteng. Apabila kertas atau kain berwarna merah atau cokelat, genteng tersebut berkarat..

Tips Meningkatkan ketahanan karat genteng baja ringan

genteng baja ringan

Karat memang tidak bisa dihindarkan selama besi bertemu dengan oksigen. Namun masih bisa untuk memperpanjang ketahanan karat. Caranya dengan melakukan tips berikut ini

Pilih genteng baja ringan dengan lapisan pelindung yang berkualitas

Lapisan pelindung yang berkualitas dapat membantu melindungi baja ringan dari karat. Oleh karena itu, pilih genteng baja ringan dengan lapisan pelindung yang tebal dan kuat.

Hindari goresan atau benturan

Goresan atau benturan menyebabkan lapisan pelindung aluminium pada baja ringan terkelupas. Oleh karena itu, hindari meletakkan benda berat di atas genteng baja ringan.

Benda berat akan memberi beban berlebih pada genteng baja ringan. Apabila pemasangan tidak hati-hati akan menyebabkan karat.

Hindari paparan zat asam

Zat asam dapat merusak lapisan pelindung aluminium pada baja ringan. Oleh karena itu, hindari paparan zat asam pada genteng baja ringan.

Hindari paparan suhu yang ekstrim

Suhu yang ekstrim dapat menyebabkan lapisan pelindung aluminium pada baja ringan terkelupas. Oleh karena itu, hindari paparan suhu yang ekstrem pada genteng baja ringan.

Standar SNI genteng baja ringan

Genteng baja ringan yang baik tentunya sudah lolos standarisasi. Indonesia memiliki lembaga Standar Nasional Indonesia untuk mengatur kualitas material di pasaran.

Secara umum, baja ringan untuk genteng harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  • Berbahan dasar baja rendah dengan kandungan karbon maksimal 0,25%
  • Kekuatan tarik minimal 240 MPa
  • Kekuatan lentur minimal 210 MPa
  • Modulus elastisitas minimal 200 GPa
  • Ketahanan karat yang baik

Berikut ini adalah standar baja rendah untuk pemakaian genteng yang mengacu standar SNI.

Standar Nasional Indonesia (SNI) 07-2049-2013

SNI 07-2049-2013 merupakan standar nasional Indonesia untuk baja ringan untuk struktur atap. Standar ini mengatur persyaratan teknis baja ringan untuk struktur atap, termasuk genteng.

Standar Industri Indonesia (SII) 0362-1991

SII 0362-1991 merupakan standarisasi baja ringan. Standar ini mengatur persyaratan teknis untuk baja ringan untuk konstruksi.

ASTM A500

ASTM A500 merupakan standar Amerika Serikat untuk baja karbon rendah. Standar ini mengatur persyaratan teknis untuk baja karbon rendah.

Baja ringan yang memenuhi persyaratan mampu memberi perlindungan genteng dari karat dan cuaca. Itulah yang terjadi kalau genteng baja ringan Anda berkarat.

Anda dapat menghubungi produsen atau mengecat genteng supaya lapisan pelindungnya tebal. Lapisan pelindung yang tebal membuat baja ringan sulit berkarat.


kbtadmin. “5 Kesalahan Yang Bikin Baja Ringan Berkarat, Pantang Dianggap Sepele!” PT Kencana Baja Trada, 2 Mar. 2023, www.ksbajaringan.co.id/2023/03/02/5-kesalahan-yang-bikin-baja-ringan-berkarat-pantang-dianggap-sepele/. Accessed 8 Jan. 2024.

Latifah. “Bluescope – Tanya Ahli.” Bluescope, bluescopezacs.id/tanya-ahli/Tips-Mencegah-Karat-Pada-Baja-Ringan#:~:text=Karat%20pada%20material%20baja%20ringan. Accessed 8 Jan. 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *