Teknik/Engineering

3 Fungsi Oktan Pada Bensin, Ada Pengaruhnya Ke Mesin Mobil

Fungsi oktan pada bensin untuk mengukur stabilitas bahan bakar. Makin tinggi nilai oktan, semakin bagus ketahanan bensin terhadap detonasi. 

Detonasi atau knocking adalah kondisi dimana proses pembakaran bahan bakar dan udara tidak sempurna yang menimbulkan ledakanbola api dengan getaran. Proses ini terjadi di ruang pembakaran. 

Proses pembakaran menjadi tidak sempurna karena bahan bakar dan udara sudah terbakar sebelum busi mengeluarkan percikan api. 

Nilai oktan pada bensin 

fungsi oktan pada bensin

Nilai oktan pada bensin dipengaruhi kandungan senyawa hidrokarbon di dalamnya. Senyawa hidrokarbon memiliki rantai karbon yang panjang dan bercabang lebih mudah mengalami detonasi.

Senyawa hidrokarbon memiliki ikatan rantai karbon pendek dan lurus yang membuatnya tahan detonasi. 

Nilai oktan pada bensin diukur dalam satuan Research Octane Number (RON). RON 100 adalah bahan bakar yang paling tahan terhadap detonasi, sedangkan RON 0 lebih mudah mengalami detonasi.

Untuk meningkatkan nilai oktan, bahan bakar akan dicampurkan pencampuran dengan senyawa-senyawa hidrokarbon yang lebih tahan terhadap detonasi. Senyawa-senyawa hidrokarbon adalah toluena dan benzena.

Selain itu, nilai oktan bahan bakar bensin juga dapat ditingkatkan dengan menambahkan aditif. Aditif yang biasa digunakan untuk meningkatkan nilai oktan adalah MTBE (methyl tertiary butyl ether) dan ETBE (ethyl tertiary butyl ether).

Pengaruh Nilai Oktan terhadap Kinerja Mesin

Nilai oktan bahan bakar bensin memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja mesin.

Bahan bakar dengan nilai oktan yang lebih tinggi menghasilkan tenaga dan efisiensi yang lebih baik.

Hal ini dikarenakan bahan bakar dengan nilai oktan tinggi lebih tahan terhadap detonasi.

Dengan demikian, bahan bakar tersebut dapat terbakar secara merata di dalam ruang bakar. Proses pembakaran yang merata menghasilkan tenaga secara optimal. 

Fungsi oktan pada bensin

pengertian oktan pada bahan bakar

Fungsi oktan pada bensin ada tiga yaitu mencegah detonasi, meningkatkan performa mesin, dan mengurangi emisi gas buang. Berikut ini merupakan pembahasan terkait fungsi oktan.

1. Mencegah detonasi

Fungsi oktan pada bensin yang pertama ialah mencegah detonasi atau knocking. Kondisi ini terjadi ketika ada ledakan bahan bakar sebelum busi mengeluarkan percikan api. 

Untuk mencegah terjadinya knocking, perlu digunakan bahan bakar dengan nilai oktan yang sesuai dengan spesifikasi mesin. Jika Anda menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan yang terlalu rendah, mesin mobil lebih rentan knocking.

2. Meningkatkan respon mesin

Bahan bakar dengan nilai oktan tinggi mempengaruhi respon mesin. Hal ini karena bahan bakar oktan tinggi tahan detonasi. 

3. Mengurangi emisi gas buang

Bahan bakar dengan nilai oktan tinggi dapat mengurangi emisi gas buang. Bahan bakar dengan ontan tinggi dapat terbakar secara mereta di dalam ruang pembakaran. Proses pembakaran yang sempurna akan meminimalisir emisi yang terbuang. 

Pengaruh nilai oktan pada bensin

Semakin tinggi angka oktan, maka campuran bensin makin tahan terhadap benturan. Selain tahan benturan, nilai oktan tinggi memungkinkan rasio kompresi, turbocharging, dan penurunan kecepatan yang lebih tinggi. Itu semua karena efisiensi mesin dan kinerja yang lebih tinggi.

Klasifikasi nilai oktan pada bensin

Nilai oktan pada bensin dapat diklasifikasi berdasarkan RON. RON merupakan Research Octane Number yang menunjukan tingkat ketukan yang dihasilkan dari ruang bakar ketika terjadi proses pembakaran.

Nilai RON selalu dianggap mempengaruhi kinerja daya mobil. Padahal anggapan ini keliru, sebab nilai RON mempengaruhi respon mesin terhadap bahan bakar. Respon yang bagus akan berdampak pada daya mobil. 

Berikut ini adalah daftar nilai oktan RON yang disesuaikan dengan rasio kompresi kendaraan. 

RON 88

Ini menunjukkan tipe oktan terendah. Harga jualnya juga paling murah. Bahan bakar dengan RON 88 cocok untuk kendaraan dengan rasio kompresi mesin 9:1 seperti mobil dengan mesin berkapasitas kecil. 

RON 90

Bensin dengan RON 90 cocok untuk kendaraan dengan rasio kompresi 10:1. Nilai oktan ini paling banyak digunakan di Indonesia. 

RON 92

Serupa dengan RON 90, varian  RON 92 juga umum digunakan di Indonesia.

Bahan bakar RON 90 cocok dengan mesin yang memiliki rasio kompresi 10:1 hingga 11. Nilai oktan ini sesuai untuk kendaraan yang dilengkapi teknologi Electronic Fuel Injection (EFI) 

RON 98

RON sebesar 98 mewakili kadar oktan tertinggi di Indonesia. Biasanya digunakan pada kendaraan sport yang memiliki rasio kompresi 11:1 hingga 13:1. 

RON 100

RON 100 adalah varian oktan paling tinggi. Hanya mobil dengan rasio kompresi 13:1 ke atas saja yang cocok seperti mobil balap.

Cara mengukur oktan pada bensin

Pengukuran oktan dapat dilakukan melalui pengujian oktan. Tujuan dari pengujian ini untuk menentukan massa benda melalui perbandingan benda yang massanya sudah diketahui melalui skala keseimbangan.

Primary Reference Fuels (PRF) dengan oktan yang sudah diketahui dibentuk dengan menggabungkan iso-oktana, heptana, dan toluena. PRF digunakan untuk mengelompokkan sampel bahan bakar tertentu untuk menentukan tekanan di mana intensitas ketukan yang serupa. 

Cara pengukuran ini dengan mengatur tinggi oktan silinder mesin yang mampu mengubah rasio/tekanan kompresi pada mesin sampai ketukannya mencapai tingkat intensitas tertentu. 

Anda dapat mengukur nilai oktan dengan mengacu pada nilai RON dan MON.

Nilai RON dapat diperoleh dengan menguji bahan bakar pada kondisi mesin idle dengan temperatur udara rendah dan putaran mesin lambat.

Nilai MON, pengujian bahan bakar dilakukan pada kondisi suhu udara dan kecepatan mesin lebih tinggi.


Nindya, Herza. “Detonation: Pengertian, Gejala, Penyebab, Dan Cara Mengatasi.” Otoklix Blog, 26 Oct. 2022, otoklix.com/blog/detonation/#:~:text=Detonasi%20adalah%20kondisi%20abnormal%20pada. Accessed 31 Jan. 2024.

Pertamina. “Research Octane Number Tinggi Buat Performa Mesin Meningkat? – Pertamina One Solution.” Onesolution.pertamina.com, 15 Dec. 2021, onesolution.pertamina.com/Insight/Page/research_octane_number_tinggi_buat_performa_mesin_meningkat. Accessed 31 Jan. 2024.

Stolark, Jessie. “Fact Sheet | a Brief History of Octane in Gasoline: From Lead to Ethanol | White Papers | EESI.” Www.eesi.org, 30 Mar. 2016, www.eesi.org/papers/view/fact-sheet-a-brief-history-of-octane#:~:text=The%20higher%20the%20octane%20number.

U.S. Energy Information Administration (EIA). “Gasoline Explained – Octane in Depth – U.S. Energy Information Administration (EIA).” Www.eia.gov, 15 Dec. 2021, www.eia.gov/energyexplained/gasoline/octane-in-depth.php#:~:text=did%20youknow-. Accessed 31 Jan. 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *